CARA MEMBUAT MP3 PLAYER SENDIRI

Halo kawan, biasanya kalian memutar musik mp3 pake apa? Apakah winamp, realplayer, Quickplayer, GOM player atau yg lainnya? Lama lama bosan juga ya kalo pake player seperti itu. Daripada pake player mp3 buatan orang lain, ayo sekarang kita buat sendiri player mp3. Selain bisa desain sesuai kreasi sendiri, player mp3nya kan juga buatan anak indonesia. Biar orang Indonesia bisa lebih maju. Caranya mudah kok, tinggal drag & drop. Kalian bisa buat lebih baik kok. Mau coba bikin mp3 player sendiri? Ayoo lanjut membacanya..

Untuk membuat player mp3 ini kita membutuhkan software, namanya Progie MultiMedia Builder (MMB). download MMB:disini

Cara Membuat cukup mudah kok, cukup ikuti petunjuk dibawah ini dengan teliti.

LANGKAH 1
Buka MMB dengan klik pada shortcut-nya di desktop, akan terlihat tampilan awal MMB. Bidang putih yang berada ditengah adalah lembar kerja kita. Disebelah kanan lembar kerja terdapat jendela Object List. Jendela ini nantinya akan berisi keterangan objek-objek yang terdapat di project kita. Sebelum bekerja lakukan penyimpanan project kita dengan menekan [Ctrl+S] atau dengan klik icon-nya di toolbar. Isikan nama project yang Anda inginkan, misalnya MP3PlayerKu. Project akan disimpan dengan ekstensi .mbd.

LANGKAH 2
Pertama kita lakukan pengaturan umum untuk MP3 player yang akan kita buat. Pada toolbar klik [Project] > [General Setting], akan muncul kotak dialog Project Setting. Pada form Quick Preset pilih ukuran dimensi 320 x 200. Pada form Window Tittle tuliskan judul MP3 player yang Anda inginkan, misalnya MP3PlayerKu. Beri tanda cek pada pilihan Standard Windows, kemudian klik [OK].

LANGKAH 3
Selanjutnya untuk background kita akan menggunakan sebuah image. Masukkan image yang Anda inginkan. Klik [Object] > [Bitmap], cari image yang telah Anda siapkan sebelumnya kemudian klik [Open]. bisa dikasih gambar anda sendiri, pacar atau desain gambar anda sendiri. biar MP3 lebih cantik sebaiknya setelah dikasih BackGround, tambahlah dengan gambar animasi (*.GIF), caranya “Object – Animated GIF”. Animasinya kasih yg bisa gerak.

LANGKAH 4
Saat ini pada lembar kerja akan terlihat image tersebut. Lakukan beberapa penyesuaian. Anda bisa menggeser, memperbesar atau memperkecil image tersebut. Untuk melihat preview MP3 player kita klik kanan pada media kerja kemudian pilih [Test current page]. Untuk menutup preview klik pada tanda silang di pojok kanan atas. Perhatikan jendela Object List disebelah kanan lembar kerja, saat ini terdapat tulisan bitmap.

LANGKAH 5
Sekarang kita siap memasukkan tombol-tombol fungsi dalam MP3 player. Klik icon wizard yang bergambar tongkat ajaib di toolbar. Akan muncul drop down menu, klik pada pilihan [Insert MP3 Control]. Terlihat pada lembar kerja tombol-tombol fungsi seperti play, stop, pause dll. Terlihat pula indikator waktu dari lagu yang akan diputar. Letakkan MP3 Control ini pada lokasi yang Anda inginkan, caranya cukup drag and drop di tempat yang tepat.

LANGKAH 6
Agar lebih menarik besarkan font indikator waktu. Caranya klik dua kali pada indikator waktu atau bisa juga klik dua kali pada tulisan CBKTime di jendela Object List. Akan muncul kotak dialog Text Properties. Klik [Font] pilih jenis font dan ukuran yang Anda inginkan kemudian klik tombol [OK] dua kali. Untuk mengubah warna font kllik pada segitiga di form Color Interaction, pilih warna yang Anda inginkan lalu klik [OK].

LANGKAH 7
Lakukan juga langkah 6 untuk mengubah CBKTotal atau indikator panjang lagu yang akan sedang dimainkan. Atur letak kedua indikator waktu sehingga posisinya menjadi lebih menarik. Lakukan dengan drag and drop ke tempat yang Anda inginkan.

LANGKAH 8
Sekarang kita akan membuat teks yang menunjukkan judul lagu yang sedang dimainkan. Caranya klik icon [Aa] yang ada disebelah kiri lembar kerja, kemudian klik di lembar kerja. Akan muncul tulisan Double click here.. . Klik dua kali pada tulisan tersebut maka akan muncul kotak dialog Text Properties. Pada form Label pilih [CBK_MP3Name]. Ganti tulisan Double click here.. dengan karakter > dalam jumlah banyak atau bisa juga dengan karakter lain sesuai keinginan Anda. Pemberian karakter “>” ini hanya bertujuan agar pada preview terlihat letak judul lagu tersebut. Anda juga bisa mengubah jenis font dan pilihan warnanya lakukan seperti pada langkah 6.

LANGKAH 9
Sekarang saatnya melakukan tes terhadap MP3 Player Anda. Klik kanan pada lembar kerja kemudian pilih [Test current page]. Akan muncul tampilan MP3 player Anda. Pada kontrol MP3 player klik tombol open yaitu tombol paling kanan. Akan muncul kotak dialog Open, cari file lagu yang akan Anda mainkan dan klik [Open]. Nah sekarang lagu tersebut pasti sudah terdengar, perhatikan juga apakah judul lagu sudah terlihat. Pastikan juga tombol-tombol kontrol lainnya bekerja dengan baik. Apabila tidak ada masalah tutup dulu test page ini dengan klik icon close yang ada di kanan atas. Jangan lupa untuk menyimpan project ini dengan tekan [Ctrl+S]. Capeeekkkk ngetiknya…

LANGKAH 10
Agar MP3 player kita bisa dimainkan dan didistribusikan kita harus mengubah formatnya menjadi file yang bisa dieksekusi yaitu file berekstensi EXE. Caranya klik [File] > [Compile], akan muncul kotak dialog Check Project and Compile Output Files. Klik tombol [Locate] akan muncul kotak dialog Distribute files. Tentukan letak direktori file output, pada form File name tuliskan MP3PlayerKu. Terakhir klik [Save] dan [OK].

LANGKAH 11
Sekarang MP3 player kita sudah siap dimainkan dan didistribusikan. Ukuran file yang dihasilkan tergantung image yang kita masukkan namun rata-rata 500Kb. Untuk menggunakan aplikasi ini klik dua kali pada file MP3PlayerKu.EXE. Selanjutnya MP3 player ini siap digunakan, buka file MP3 Anda dan mainkan sebuah lagu. Dijamin suaranya lebih bagus dari WinAmp soalnya made in ndiri ya di bagus2sin nawarin ke publik….

oke..selesai sudah tutorialnya. Kalo udah jadi, share mp3 buatan kalian disini donk. Upload dulu lalu share lewat komentar dibawah, siapa tahu km terkenal lewat player buatan sendiri. Oh iya, playernya jangan lupa dikasih alamat situs/blog km. Kalo ga punya, ya pake email aja deh. Kalo mp3 player buatanku sendiri masih berantakan, soalnya lagi malas utak atik tuh software. Ayoo berkreasi..

~ oleh rizal malik pada Januari 7, 2010.

17 Tanggapan to “CARA MEMBUAT MP3 PLAYER SENDIRI”

  1. ok deh , makasih informasinya , salam kenal

  2. ko hasil donlod’ny ga bisa dibuka ya..??

  3. […] Januari 30, 2010 mamatoz CARA MEMBUAT MP3 PLAYER SENDIRI […]

  4. Makasih ya…berkat post’mu ini, aku bisa ngerjain tugas kulya’ku :D
    sangat2 membantu d>_<b
    aku harap lain kali bakal ada posting lebih lanjut ttg player ini..misal, menampilkan audio dan video sekaligus? ;)

  5. mmm… kok mp3 q g c y?
    dah bwt pi pas msukkin lgu g d suara to pun waktu’a??

  6. oke thanks infonya,,,,, slam knal

  7. Salam kenal mas,.. mas ntu gak bisa ya kalo file audionya berformat wav…???

  8. Thanx ya gan bener2 ngebantu banget software’a

  9. Heheheh saya sudah berhasil kang, nih jika kakang2 semua mau lihat hasilnya http://www.4shared.com/file/g5uaooiB/DMPlay_v31.html

    Makasih Banget kang infonya,

  10. Mantap Gan,
    tapi klo mau di pasang d blog, gmn caranya ya?

    trims.

  11. makasih infonys. http://budiharso.wordpress.com

  12. Thanks for Information…………….

  13. Terima Kasih Gan ……
    Buat Informasinya …..

  14. susahnya untuk masuk….. daftar ini.

  15. I like this :) thank to your information

  16. kk, klok mw bwat dftar lgu nya gmna??
    dn tmbol untuk mngatur volume???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: