MEMBUAT CD ISO BOOTABLE DARI HARDDISK

Di kasus yang sebelumnya saya hanya memberikan cara yang benar untuk memperbanyak / copy CD Bootable (contoh: XP) ke dalam Hard Disk dalam bentuk file ISO dan membakarnya ke dalam CD-R. Bagaimana jika dari awal sudah salah prosedur copy file Bootable? CD XP supaya bootable harus dicopy dalam bentuk ISO atau bisa juga copy entire disc (jika di Nero). Nah, seperti kejadian beberapa minggu yang lalu saya copy CD langsung dari explorer ke Hard Disk (HDD) dan bukan dalam bentuk ISO. Jadi, file hasil copyan tersebut berupa data-data folder sehingga tidak bootable.

Kemudian folder-folder tersebut saya burning menggunakan Nero Express 9. Dan hasilnya, jelas file CD tersebut tidak bootable sehingga BIOS tidak bisa membacanya. Setelah browsing cari informasi tetang cara membuat bootable XP ke dalam CD saya menemukan beberapa rekomendasi software pembuat ISO. Contohnya, ImgDISC, UltraISO, Alcohol 120%, dan lainnya. Pertama saya menggunakan ImgDISC tetapi file ISO yang dihasilkan tidak bisa bootable (saya belum tahu permasalahannya karena cuma test aja). Kedua, saya mencoba UltraISO Premium. Kalo di UltraISO file ISO yang dihasilkan masih belum bootable karena file image bootnya harus diload terlebih dahulu. Kemudian saya mencoba menggunakan image boot dari CD Windows Vista. Alhasil, file ISO yang saya buat dengan UltraISO menjadi bootable. Setelah saya burn to CD dan restart komputer serta meminta BIOS boot from CD pesan yang disampaikan adalah “COULD’NT FIND BOOT MGR”. Yang artinya sama CD belum bisa bootable. Jadi sudah 2 CD-R yang saya korbankan untuk membuat CD XP yang bootable.

Skip, saya tidak akan membahas proses instalasi nLite jadi langsung saja kita mulai. Jendela pertama nLite meminta kita untuk memilih bahasa, Anda bebas memilihnya sesuai kehendak, sebagai contoh pilih saja bahasa English (default). Setelah itu kita diminta untuk menentukan dimana folder copyan CD XP, nLite akan mendeteksi properties dari file OS yang akan kita buat, Next. nLite adalah software yang bisa dikatakan mumpuni untuk pembuatan file ISO. Bahkan, kita bisa menambahkan, menghapus, dan atau mengedit software apa saja yang tidak akan diikutsertakan dalam penginstalan XP. Lebih-lebih dengan nLite kita bisa juga langsung memasukkan Serial Number (CD Key) sehingga nanti pada proses intstalasi tidak akan memasukkan Serial Number lagi.

Untuk langsung membuat file ISO Bootable tanpa mengedit (default) klik “Make Bootbale ISO” kemudian tentukan target penyimpanan. Ada beberapa pilihan penyimpanan apakah langsung Burn to CD atau mau disimpan ke HDD dalam bentuk file ISO. Sebaiknya file ISO tersebut disimpan saja di HDD terlebih dahulu baru kemudian di-burn ke CD menggunakan Nero atau software pembakar CD lainnya. Jika proses pembakaran sudah selesai sekarang saatnya dicoba boot from CD. Untuk mempercepat restart saja dan ketika awal buka tekan “Delete” kemudian atur BIOS supaya Boot from CD pada first booting. Jika proses pembakaran tidak ada masalah seharusnya CD Anda sudah bootable. CD yang saya buat dengan nLite sudah bootable, dan proses penginstalan berjalan lancar. Kalau masih ada yang kurang paham tinggalin komentar ya?

~ oleh rizal malik pada Februari 19, 2010.

9 Tanggapan to “MEMBUAT CD ISO BOOTABLE DARI HARDDISK”

  1. Saya kesasar kesini dan membaca ulsan anda. Bravo! Salam kenal dari Surabaya

  2. Salam kenal,ak badroen dari solo. Mohon bantuanya aku dah berhasil buat cd bootnya dan menginstalnya tapi waktu starup langsung layar biru.tolong kasih solusinya aku pakai compaq cq40 530tu bisa dikirim lewat email

  3. klo bootable win 7 bisa gak,pke yg nLite atw yg laen??
    trimakasih infonya,mohon balasan..

  4. mau nyoba juga nih, salam kenal…

  5. Apakah nlite Dapat digunakan untuk membuat bootable Windows 7 ? tolong tanggapanaya

    terima kasih

  6. thanks gan
    dicoba dl
    klo bs d share jg dong tutorial mLite nya

  7. lo buat CD bootable linux gimana gan…???
    mohon pencerahannhya…

  8. Klo ngelink benahin dulu kata2nya…
    Yg jelas brot pake ini pake itu, muter2 kata2nya lama2 kesasar loe

  9. thanks atas inpoh nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: